Sat. May 15th, 2021

Tips Menemukan Ide Menulis Novel/Cerita Bagi Pemula

Tips Menemukan Ide Menulis Novel/Cerita Bagi Pemula

Tips Menemukan Ide Menulis Novel/Cerita Bagi Pemula

Menemukan ide menulis novel/cerita memang gampang gampang susah. Ketika dalam situasi yang segar dan penuh dengan inspirasi, maka menemukan ide menulis bukanlah hal yang sulit. Namun jika kamu sedang kurang mood, maka ide tulisan tidak akan pernah muncul. Inspirasi menulis novel/cerita bisa muncul ketika dalam kondisi bahagia, kecewa, sedih ataupun marah. Bahkan hal ini juga terjadi pada penulis artikel bahasa inggris.

Selain inspirasi dari diri sendiri, kamu bisa mendapatkan ide menulis dari kondisi lingkungan di sekitarmu. Sekarang ada banyak sekali genre novel/cerita dengan gaya penulisan yang beragam. Sebagai pemula, kamu perlu menemukan gaya menulismu yang menarik bagi pembaca.

5 Tips Menemukan Ide Menulis Novel/Cerita Bagi Pemula

Bagi seorang pemula, menemukan ide menulis novel/cerita mungkin cukup sulit. Hal ini karena kamu belum terbiasa menuangkan pikiran ke dalam tulisan atau cerita. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menemukan ide menulis novel/cerita bahkan untuk pemula:

  1. Mencari Referensi

Baik pemula maupun penulis professional, mencari dan memperbanyak referensi untuk menulis adalah hal yang bagus. Kamu bisa menemukan banyak referensi di sekitarmu. Misalnya dengan membaca berbagai cerita atau novel dari penulis lain, cerita di film atau bahkan membaca buku non fiksi. Kamu bisa mengamati gaya penulisan, pemilihan bahasa dan permasalahan yang diangkat.

  1. Mengamati Peristiwa

Cerita yang diminati oleh orang-orang kebanyakan yang memiliki jalan cerita seperti kehidupan sehari-hari. Sehingga tidak ada salahnya mengamati peristiwa atau kejadian yang tengah ramai di masyarakat untuk dijadikan ide tulisan. Tentunya dengan sedikit penekanan dan dramatisasi pada kejadian tertentu.

  1. Riset/Pengamatan

Tidak semua novel/cerita dibuat berdasarkan ide peristiwa yang terjadi di masyarakat. Namun ada beberapa novel/cerita yang memerlukan riset atau pengamatan. Misalnya mengamati kebiasaan seseorang di daerah tertentu untuk membuat plot cerita lebih dapat diterima. Bahkan novel fiksipun membutuhkan riset untuk menuliskan penokohan, kebiasaan masyarakat dan situasi lingkungan sebenarnya agar mudah diresapi pembaca.

  1. Pengalaman

Kamu bisa menggunakan pengalaman pribadi maupun orang lain untuk membuat cerita. Caranya adalah dengan melakukan wawancara kepada narasumber untuk dijadikan sumber cerita. Kemudian kamu bisa mengembangkan cerita tersebut secara lebih luas. Setiap orang pasti memilikis atau dua pengalaman menarik yang bisa kamu gunakan sebagai ide menulis novel/cerita.

  1. Berpikir Secara Bebas

Tips terakhir adalah berpikir secara bebas, kamu bisa menuliskan semua ide cerita yang terlintas di pikiranmu dalam secarik kertas. Setelah mengamati kembali list ide cerita random yang kamu pikirkan, kamu bisa memikirkan secara matang ide mana yang akan kamu tulis.

Jika kamu sudah menemukan cara dan kondisi yang palin sesuai untukmu menemukan ide menulis novel/cerita, maka kamu bisa dengan mudah menuliskan jalan cerita yang menarik.