Sat. May 15th, 2021

Definisi Desain Interior Klasik dan Cirinya

Definisi Desain Interior Klasik dan Cirinya

Definisi Desain Interior Klasik dan Cirinya

Jika berbicara mengenai desain interior, ada banyak jenis desain interior. Satu diantaranya adalah desain interior klasik. Pada dasarnya, definisi desain interior klasik adalah konsep interior dengan tampilan mewah dan elegan.

Awal mula desain interior klasik adalah sekitar tahun 1750 an di Inggris dan Perancis. Setelah itu, konsep interior klasik atau neoklasik digunakan bahkan hingga saat ini.

Jenis desain interior klasik seolah tidak lekang oleh zaman. Bahkan, desain klasik kerap digabungkan dengan desain lain seperti kontemporer atau neoklasik.

Pada dasarnya, interior klasik memiliki kesan elegan, terkendali dan stylish. Untuk memberikan kesan tersebut, banyak yang menambahkan ornamen klasik, ukiran, hiasan.

Definisi Desain Interior Klasik dan Cirinya
Definisi Desain Interior Klasik dan Cirinya

Ciri Desain Interior Klasik

Jika Anda hendak menggunakan jasa https://www.sribu.com/id/interior, akan lebih baik jika Anda tahu lebih dahulu sekilas tentang interior klasik. Bukan hanya sebatas definisi desain interior klasik namun juga cirinya. Dengan begitu Anda bisa menyesuaikan apa yang Anda inginkan untuk hunian rumah Anda.

Lalu apa cirinya? Ciri dari desain interior klasik adalah:

  • Pilar dan Gaya Klasik

Rumah dengan gaya klasik biasanya memiliki pilar besar dengan ornamen klasik. Sekilas jika melihat ciri ini, Anda akan teringat dengan gaya victoria. Namun, pilar besar baik di luar ataupun dalam rumah menjadi ciri khas tersendiri dari gaya klasik.

Pilar ini digunakan tidak hanya untuk sekedar hiasan saja tetapi untuk menyangga rumah. Ini karena rumah dengan gaya klasik, biasanya memiliki tinggi langit-langit sekitar 4 meter.

  • Furniture Bahan Solid

Untuk mempertegas kesan klasik yang dimiliki, biasanya, furniture yang digunakan terbuat dari bahan kayu solid. Contohnya, lemari dari bahan kayu jati.

Selain kayu solid, kesan interior klasik biasanya dilengkapi dengan lampu gantung klasik. Misalnya lampu dengan hiasan Kristal atau lampu dari kayu dengan ukiran.

  • Dominasi Warna Emas

Untuk memberikan kesan mewah pada interior klasik, biasanya, warna emas dijadikan pilihan utama untuk warna dominan. Sebagai pelengkap, warna coklat kayu, hijau daun, putih kerap digunakan.

Walaupun begitu, Anda tetap bisa menggunakan warna lainnya sesuai dengan keinginan Anda. misalnya mengkombinasikan warna emas, putih dan hitam.

  • Penggunaan Karpet atau Permadani

Permadani atau karpet biasanya digunakan untuk rumah klasik. Karpet biasanya diletakkan di ruang tengah atau di lorong rumah sehingga bagian lantai tidak terlihat kosong.

Sebagai pelengkap, Anda bisa menambahkan cermin, lukisan atau bingkai dengan ornamen klasik. Anda bisa memilah mana saja pelengkap yang tepat tepat untuk hunian rumah Anda.

  • Ruang Luas

Ruangan di rumah dengan interior klasik memiliki luas yang cukup besar. Bahkan untuk menghubungkan ruangan satu dengan lainnya, misalnya keluarga dengan ruang makan, tidak dilengkapi dengan pintu. Jadi, ruangan terkesan semi terbuka.

Jadi, dengan ciri dan definisi desain interior klasik, Anda bisa mempertimbangkan apakah akan menggunakan interior klasik di masa depan.