Thu. Mar 4th, 2021

Agar Walet Tertarik Bersarang, Ini Dia Desain Rumah Walet yang Ideal

Agar Walet Tertarik Bersarang, Ini Dia Desain Rumah Walet yang Ideal

Agar Walet Tertarik Bersarang, Ini Dia Desain Rumah Walet yang Ideal

Walet merupakan burung yang air liurnya bisa bernilai sangat mahal. Tidak sedikit orang yang kemudian membangun bangunan khusus dengan desain rumah walet yang ideal. Tujuannya, agar walet tertarik dan kemudian membuat sarang di bangunan tersebut.

Dari sarangnya itulah, Anda bisa mengambil dan kemudian menggunakannya sebagai produk bisnis. Apalagi pangsa pasarnya sangat besar.

Lantas Bagaimana Desain Rumah untuk Wallet?

Biasanya, wallet akan datang sendiri ke bangunan seperti rumah yang dirasa cocok dan nyaman untuk ditinggali. Namun, Anda bisa juga merenovasi rumah dan kemudian menggunakannya untuk menarik burung walet.

Sebelum renovasi atau membangun bangunan dengan desain rumah walet yang ideal, perhatikan hal berikut:

  1. Pastikan lingkungan bebas gangguan dan kebisingan.
  2. Sebisa mungkin buat bangunan yang menyerupai habitat aslinya seperti di gua kapur.
  3. Ruangan yang luas yang memungkinkan burung terbang dengan mudah.

Lalu, bagaimana desainnya? Untuk desain rumah walet, tentukan bahan untuk dindingnya terlebih dahulu. Ada 3 bahan yang biasanya digunakan, yaitu:

  1. Bata merah: kuat dan tahan lama tapi tetap sejuk.
  2. Hebel: bisa menolak panas sinar matahari sehingga bagian dalam lebih adem. Namun, hebel tidak sekokoh bata merah.
  3. Batako: mudah menyerap sinar matahari, mudah dijebol tapi lebih murah.
Agar Walet Tertarik Bersarang, Ini Dia Desain Rumah Walet yang Ideal
Agar Walet Tertarik Bersarang, Ini Dia Desain Rumah Walet yang Ideal

Jika Anda menggunakan batu bata, Anda bisa menyusunnya dengan lebar 45 cm dalam 2 lapis. Selain itu, buat dinding dengan tinggi minimal 3 meter.

Kenapa? Karena wallet tidak membuat sarang di bawah ketinggian 3 meter.

Pastikan di bagian dalam ruangan dibuat cukup luas dan memungkinkan burung untuk terbang. Jangan lupa untuk membuat jendela atau ventilasi yang memungkinkan burung untuk keluar masuk dengan lebih mudah.

Dalam membangun rumah walet, pasang sekat dari papan sirip untuk memudahkan wallet membuat sarang. Masing-masing sekat berjarak 30-50 cm. Jumlah sekatnya bisa disesuaikan dengan besar ruangan.

Kenapa? Ini karena terlalu banyak sekat akan membuat ruangan menjadi panas. Padahal suhu ruangan rumah walet harus dijaga sekitar 26-29 derajat celcius dengan kelembaban 80-95%.

Terlalu tinggi suhunya bisa membuat liur walet mudah mengering sehingga sarang yang dihasilkan juga lebih kecil. Jika terlalu rendah, akan membuat air liur susah mengering dan sarang susah untuk dibuat.

Jadi, agar suhunya stabil, perhatikan ventilasi yang Anda buat atau kolam buatan dalam ruangan. Sebagai alat tambahan, Anda bisa memasang pemanas atau pendingin ruangan agar suhu dalam ruangan tetap stabil.

Agar wallet semakin tertarik dan betah di rumah yang Anda bangun, Anda bisa membuat kolam. Pembuatan kolam ini juga bertujuan agar bangunan yang dibangun menyerupai habitat aslinya, yaitu di gua kapur.

Itulah cara untuk desain rumah walet yang ideal. Agar rumah tersebut bisa difungsikan dengan maksimal untuk budidaya walet, menghub Sribu tempat desain rumah menjadi pilihan tepat. Jadi, Anda bisa hemat tenaga, waktu dan dana.