Thu. Oct 21st, 2021

5 Desain Ventilasi Rumah yang Baik

5 Desain Ventilasi Rumah yang Baik

5 Desain Ventilasi Rumah yang Baik

Dalam membangun sebuah rumah atau bangunan, Anda harus memperhatikan tentang ventilasi. Ventilasi ini berperan penting dalam kenyamanan dan kelancaran sirkulasi udara yang baik di dalam rumah. Tanpa desain ventilasi rumah yang baik maka rumah Anda akan menjadi pengap dan tidak nyaman untuk ditinggali.

  • Ventilasi Boven

Ventilasi boven adalah salah satu jenis ventilasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Ini karena ventilasi boven bisa digabungkan untuk rumah dengan konsep modern dan tradisional.

Ada 2 jenis ventilasi boven yang bisa Anda pilih, yaitu yang terpisah dan yang menyatu dengan jendela atau pintu. Untuk bentuknya, bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda karena ada yang berbentuk bulat, persegi panjang, persegi.

Karena bahannya bisa dari kaca ataupun kayu, Anda bisa menyesuaikan dengan konsep rumah yang Anda bangun. Jika menggunakan konsep tradisional, ventilasi boven kayu bisa jadi pilihan yang tepat.

  • Ventilasi Krepyak
5 Desain Ventilasi Rumah yang Baik
5 Desain Ventilasi Rumah yang Baik

Ventilasi krepyak paling banyak ditemui di rumah dengan konsep tradisional atau klasik. Desain ventilasi yang baik ini umumnya dikenal juga dengan nama jalusi dan terbuat dari kayu.

Model ruas-ruas memungkinkan udara bisa keluar masuk dengan leluasa. Di sisi lain, rumah Anda tetap terjaga privasinya.

(baca juga: cara membuat kemasan produk)

  • Ventilasi Kaca Nako

Jenis Ventilasi Kaca Nako sekilas terlihat seperti ventilasi krepyak. Bedanya, ventilasi nako terbuat dari kaca dan bisa dibuka dan ditutup. Keunggulan ini memungkinkan Anda untuk mengatur seberapa lancar sirkulasi udara di rumah Anda.

Untuk penggunaannya, ventilasi kaca nako umumnya digunakan di rumah minimalis. Bahkan, kini bisa juga dikombinasikan dengan konsep industrialis, tradisional khas rumah Belanda.

Sayangnya, untuk menggunakan jenis ventilasi ini, Anda harus menyiapkan budget yang lebih banyak. di sisi lain, Anda harus memperhatikan keamanannya karena kacanya mudah untuk dipecahkan.

  • Ventilasi Loster
5 Desain Ventilasi Rumah yang Baik
5 Desain Ventilasi Rumah yang Baik

Ventilasi loster ini memiliki desain unik yang dulunya terpasang di bagian dinding atas rumah. Seiring perkembangan zaman, ventilasi loster digunakan juga untuk dinding ataupun pembatas dalam rumah.

Karena ukurannya sangat bervariasi dan bentuknya motif yang beragam, Anda bisa menyesuaikan sendiri motif dan ukurannya. Sedangkan untuk jenisnya, ada 3 bahan dasar pembuatan ventilasi loster yaitu beton, kayu dan keramik.

  • Ventilasi Mekanik

Jenis ventilasi mekanik ini cocok untuk konsep rumah modern ataupun kontemporer. Dinamakan mekanik karena butuh daya listrik untuk memaksimalkan fungsinya.

Ada 3 jenis ventilasi mekanik, yaitu:

  1. Ventilasi pembuangan hanya berfungsi untuk menyedot udara dari dalam ke luar ruangan. Umumnya digunakan di ruangan tertutup seperti kamar tidur atau kamar mandi.
  2. Ventilasi dinding hanya bisa dipasang di dinding ruangan. Namun, jenis ventilasi ini bisa bekerja 2 arah, yaitu membuang dan mengalirkan udara baik ke dalam atau ke luar ruangan.
  3. Ventilasi industri digunakan di ruangan yang perlu sirkulasi udara maksimal seperti pabrik, dapur besar dan restoran.

Itulah jenis desain ventilasi rumah yang baik yang bisa Anda pilih. Jangan lupa sesuaikan kebutuhan, konsep rumah atau ruangan dengan ventilasinya ya.