Thu. Oct 29th, 2020

Tugas-Tugas seorang Video Editor

Salah satu kunci keberhasilan dalam membuat sebuah video maupun film adalah proses editing. Dalam mengedit video maupun film terdapat banyak langkah yang harus dilakukan sebelum film atau video siap diposting ataupun dipublikasikan. Mengedit sebuah video merupakan hal yang tidak mudah, karena harus melewati proses yang panjang seperti  memilih bagian yang bagus, merangkai , menyusun ulang , dan menyempurnakan video-video yang sudah direkam menjadi satu rangkaian video sehingga menjadi suatu jalan cerita yang utuh dan tidak sumbang.

 

Ketika proses editing inilah yang menentukan gambar mana yang tidak penting dan melenceng dari konsep harus dihilangkan, susunan video juga harus dirangkai agar tidak terlalu panjang dari batas wajar yang sering disaksikan oleh para penonton, dan hal-hal yang kurang enak dilihat harus dihilangkan agar tidak mengganggu kenyamanan saat di tonton oleh publik. Seorang Editor-lah yang paling bertanggung jawab terhadap kualitas sebuah video. Seorang Editor Video harus mampu memahami maksud dan menerjemahkan keinginan sutradara dan memenuhi ekspektasi para penggemar. Berikut merupan tugas-tugas dari seorang editor:

 

  1. Menyunting Video

Menyunting atau mengumpulkan merupakan hal pertama yang harus dilakukan seorang editor setelah video diambil atau direkam oleh cameramen. Video-video tersebut merupakan hasil rekaman yang belum diolah ataupun masih aslinya. Semua bagian video yang sesuai dengan naskah ataupun mengandung maksud yang dituju harus dikumpulkan menjadi satu dalam sebuah memori atau hardisk agar memudahkan pekerjaan selanjutnya.

  1. Menyusun Ulang

Setelah melewati proses menyunting dan dikumpulkan dalam satu memori, editor harus menyusun video sesuai dengan naskah atau jalan cerita yang diinginkan. Biasanya para editor menggunakan clapperboard yang di shooting pada awal adegan sebagai patokan. Dalam clapperboar biasanya mengandung catatan mengenai urutan adegan, serta data lain yang bersangkutan dengan adegan yang diinginkan. Dalam langkah ini seorang editor harus memotong gambar maupun adegan yang tidak termasuk dalam scenario.

  1. Memfilter Video

Pada tahap ini seorang editor video harus memilih gambar-gambar yang bagus untuk diberikan efek  dan menyempurnakan grafik lainnya unuk meningkatkan tampilan video agar lebih enak dilihat dan tidak mengganggu jalan cerita.  Filter video juga berkaitan dengan tata cahaya pada gambar-gambar yang sudah dikumpulkan. Proses ini biasanya memakan banyak waktu karena editor harus memilih dan memilih kualitas video yang terbaik dan sempurna.

  1. Olah Suara

Setelah memfilter video, selanjutnya adalah mengolah suara. Selain suara asli yang muncul, suara-suar tambahan pun perlu ditambahkan untuk memperkuat suasana pada jalan cerita, contohnya adalah penambahan sound effect. Pada tahap ini seorang editor biasanya bekerja sama dengan piñata suara dan piñata music agar menghasilkan suara yang seuai konsep.

  1. Membuat Title

Setelah semua gambar sudah melewati proses-proses diatas, maka video sudah menjadi satu kesatuan yang utuh dan sesuai dengan jalan cerita, dan tinggal menambahkan informasi teks ataupun keterangan yang berkaitan dengan video yang sudah dibuat.

  1. Finishing

Setelah semua tahapan selesai, video editor beserta semua crew harus menikmati hasil atau menonton bersama film yang telah terangkai dengan baik dan sempurna.

taiyo blog