Wed. Jul 15th, 2020

Tips Membuat Press Release Yang Benar

Pada dasarnya membuat sebuah press release tidak begitu sulit, tetapi memang diperlukan beberapa kiat-kiat tertentu supaya press release yang Anda buat lolos di media dan mudah dipahami oleh masyarakat. Media yang menerima publikasi press release sekarang bukan hanya media dalam bentuk cetakan fisik saja, tetapi pada aplikasi sosial media yang populer juga bisa mempublikasikan press release. Berikut ini adalah beberapa tips cara membuat press release yang benar, yaitu :

Perlakukan Press Release Seperti Artikel

Setelah memahami berita seperti apa yang disukai media, berikutnya Anda harus memikirkan teknis penulisan itu sendiri. Secara singkat, ketika Anda menulis siaran pers, anggaplah bahwa Anda sedang menulis artikel.

Buat Tulisan yang Layak Copy-Paste

Anggaplah bahwa hasil akhir tulisan Anda itulah yang nantinya akan diterbitkan, tanpa perubahan sedikit pun. Memang tidak semua melakukannya, tapi ada media yang menerbitkan siaran pers langsung copy-paste dari teks sumbernya. Jadi pastikan konten tulisan Anda siap terbit, lengkap dengan judul yang padat dan menarik perhatian. Dengan membuat siaran pers yang siap terbit.

Hemat Jargon dan Kata Sifat

Mudah sekali untuk terjebak pada berbagai kata sifat positif ketika kita mempromosikan produk. Kita ingin masyarakat tahu bahwa produk kita “bagus”, “inovatif”, dan sebagainya. Tapi terlalu banyak kata sifat akan membuat press release menjadi terlalu hard sell. Lebih baik hindari kata sifat, tapi gunakan fakta, data, dan angka untuk menunjukkan kualitas yang Anda miliki. Media sangat menyukai angka-angka.

Penggunaan jargon terlalu banyak juga bisa menyulitkan pembaca. Bila Anda menargetkan audiens yang spesifik, jargon-jargon itu mungkin sudah umum. Tapi untuk pembaca awam, terlalu banyak istilah bisa menyulitkan. Bahkan di kasus yang parah juga bisa menyulitkan jurnalis yang membaca siaran pers milik Anda.

Gunakan Pernyataan Langsung

Pernyataan langsung adalah hal yang opsional, tapi bisa membuat berita terasa lebih berbobot dan kredibel. Apalagi bila pernyataan tersebut dikeluarkan oleh figur penting yang banyak dikenal masyarakat. Meski hanya satu atau dua kalimat, sempatkanlah meminta pejabat penting di perusahaan Anda untuk membuat pernyataan dalam siaran pers.

Mudahkan Akses Multimedia

Menyediakan materi multimedia bukanlah suatu kewajiban. Lagi pula tidak semua media mencantumkan gambar atau video di artikel beritanya. Tapi ini bisa sangat membantu untuk mempercepat publikasi siaran pers milik Anda.

Sediakan Gambar Siap Pakai

Sertakan gambar dengan resolusi yang cukup tinggi di siaran pers, tapi tidak terlalu berlebihan. Kecepatan loading sebuah situs berpengaruh besar terhadap kenyamanan pembaca, jadi bila Anda mengirim gambar terlalu besar, jurnalis harus meluangkan waktu untuk mengecilkan atau mengompresnya. Sebaliknya, bila terlalu kecil atau buram, gambar Anda tidak bisa dipakai. Gambar dengan resolusi 720p atau 1080p dan aspect ratio 16:9 adalah ukuran yang ideal. Gambar dengan orientasi vertikal sebetulnya kurang baik, tapi sulit dihindari (screenshot aplikasi smartphone biasanya vertikal). Jadi usahakan saja agar ukuran vertikalnya tidak terlalu panjang.

Beri Akses Cepat ke Video

Anda punya dua pilihan dalam akses video yaitu menyertakan tautan ke video YouTube, atau memberi akses ke Dropbox/Google Drive berisi file video yang bisa diunduh oleh media. Secara umum, tautan YouTube adalah praktik yang lebih baik dan efektif. Tapi sebagian media suka melakukan reupload video ke channel YouTube milik mereka sendiri. Selain itu, dengan meningkatnya popularitas video Facebook, media kini berlomba-lomba membuat konten di platform tersebut. Tersedianya file video bisa membantu media untuk menyajikan berita Anda dalam bentuk yang lebih bebas dan kreatif. Sama seperti gambar, jangan memberi video terlalu besar. Resolusi 720p atau 1080p dan 60 FPS sudah cukup ideal.

Membuat press release yang baik memang butuh usaha, seolah-olah Anda harus memanjakan para jurnalis di luar sana. Tapi ingatlah bahwa pemilik produk dan media sama-sama saling membutuhkan. Dengan siaran pers yang baik, media bisa menerbitkan berita dengan lebih cepat, akurat, dan menarik, sehingga menguntungkan bagi pemilik produk atau perusahaan.