Thu. Oct 29th, 2020

Pengertian dan Contoh Aplikasi Sosial Media

Saat ini teknologi dan mobile phone makin maju, media sosial pun akan ikut tumbuh pesat bersamanya. Kini untuk mengakses internet pun bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile phone. Karena cepatnya, orang bisa mengakses media sosial mengakibatkan fenomena besar dimana arus informasi tidak hanya di negara-negara maju, tetapi juga di Indonesia. Karena cepat dan praktisnya tersebutlah yang mulai menggantikan media massa konvensional dalam menyebarkan berita-berita.

 

Media sosial merupakan sebuah media online dengan pengguna yang sangat banyak, dan sangat mudah untuk berpartisipasai. Media sosial juga digunakan sebagai sarana untuk berbagi, menciptakan blog dan isinya, jejaring sosial , wiki, forum, maupun dunia virtual blog. Bentuk media sosial yang paling umum digunakan para pengguna adalah blog, jejaring sosial, dan wiki. Pendapat lain mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial dan media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubahkomunikasi menjadi dialog aktif.

 

Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein, media sosial merupakan sebuah kelompok aplikasi yang berbasis internet yang membangun diatas dasar ideology dan teknologi Web 2.0 dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated conten.

Jejaring sosial juga merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat wed page pribadi kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Contoh dari jejaring sosial terbesar saat ini adalah Facebook, Myspace, dan Twitter. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpartisipasi dengan emberikan kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi lainnya dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.

 

Contoh Aplikasi Sosial Media :

  • CNN,BBC, Detik, Okezone, dan website sejenisnya yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan informasi berita secara cepat sebagai pengganti Koran/majalah.
  • TwettDeck merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk manajemen yang dipergunakan untuk sosial media, namun kebanyakan digunakan untuk bermain twitter.
  • Google, Altavista, Yahoo, dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat dalam website untuk mencari berita.
  • Youtube, Seleb tv, Metacafe, dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.

 

Perkembangan media sosial kini tidak dapat dicegah, karena semua orang seperti sudah memiliki media itu sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau Koran dibutuhkan modal dan tenaga yang tidak sedikit, maka lain halnya dengan media sosial. Seorang pengguna media sosial dapat menggunakannya dimana saja dan kapan saja karena pengguna media hanya perlu menghubungkan ke internet.

pengertian dan jenis desain grafis