Wed. Jul 15th, 2020

Pengertian dan Manfaat Ilustrasi

ilustrasi

Dalam mempublikasikan sesuatu misalnya dalam press rilis, elemen penting dalam press release tidak boleh dilewatkan. Bahkan untuk memperjelas press rilis ataupun meningkatkan keingintahuan, press rilis dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik. Namun,  apa sebenarnya ilustrasi itu?

Pengertian Ilustrasi

Jika dilihat dari asal bahasanya yaitu ilustrare dari bahasa latin, ilustrasi memiliki arti menjelaskan atau menerangkan. Dengan kata lain, ilustrasi adalah gambar yang berfungsi dan bersifat menerangkan mengenaib suatu peristiwa.

Iliustrasi dapat digambar di berbagai media. Misalnya kanvas ataupun media digital. Walaupun banyak yang menggunakan media digital sebagai sarana pembuatannya, namun media seperti poster tetap banyak dilakuakn dengan cara manual.

contoh ilustrasi digital
contoh ilustrasi digital

Manfaat Ilustrasi

Secara keseluruhan, ilustrasi memang bermanfaat untuk menerangkan sesuatu. Namun, jika dijabarkan, ilustrasi memiliki banyak manfaat seperti berikut:

  1. Agar menarik perhatian dari pembaca misalnya untuk sampul buku.
  2. Membuat orang yang melihat penasaran dan ketagihan untuk membaca lebih lanjut.
  3. Sarana untuk mengekspresikan pikiran dan ide lewat gambar.
  4. Menjelaskan secara singkat mengenai tulisan ataupun suatu cerita.
  5. Meningkatkan nilai estetika dari tulisan maupun gambar.
  6. Sarana komunikasi dan hiburan.
  7. Untuk memperjelas suatu konsep.

Sedangkan, jika ilustrasi dibedakan berdasarkan pada fungsinya, ada 4 fungsi ilustrasi seperti berikut ini:

  1. Fungsi deskriptif: fungsinya adalah sebagai pengganti uraian dari naratif atau secara verbal yang menggunakan kalimat panjang. Dengan kata lain, ilustrasi tersebut dibuat berdasarkan pada naratif atau tulisan yang dibuat agar mudah untuk dipahami.
  2. Fungsi ekspresif: ilustrasi berfungsi untuk menyatakan atau menunjukkan gagasan, maksud, perasaan, situasi dan konsep abstrak sehingga terlihat lebih nyata dan mudah untuk dipahami.
  3. Fungsi analisis: fungsi ilustrasi ini disebut juga dengan fungsi struktural. Fungsinya adalah menunjukkan secara terperinci mengenai bagian demi bagian dari benda atau sistem atau proses detail. Tujuannya adalah agar mudah untuk dipahami.
  4. Fungsi kualitatif: biasanya digunakan dalam daftar, grafik, tabel, kartu, gambar, foto, sketsa ataupun symbol.

Jenis Ilustrasi

Jika membicarakan mengenai jenis, ada banyak jenis ilustrasi yang ada saat ini. beberapa diantaranya adalah:

  1. Ilustrasi naturalis yang merupakan gambar dengan warna dan bentuk seperti objek nyatanya tanpa ada pengurangan ataupun penambahan. Jadi, gambarnya akan sama persis dengan yang aslinya.
  2. Ilustrasi dekoratif yang berfungsi untuk menghiasi sesuatu dengan gaya tertentu agar lebih menarik.
  3. Gambar kartun merupakan ilustrasi dengan bentuk yang lucu. Biasanya ilustrasi ini digunakan untuk cerita bergambar, majalah anak-anak dan komik.
  4. Gambar karikatur: ilustrasi ini merupakan gambar sindiran atau kritikan yang penyampaiannya adalah dengan bentuk gambar yang menyimpang. Misalnya kepala lebih besar dari badan. Biasanya, ilustrasi ini ada di Koran ataupun majalah/.
  5. Peta termasuk sebagai gambar ilustrasi yang menggambarkan mengenai keseluruhan atau sebagian dari permukaan yang ada di bumi. Bisa darat ataupun laut.

Jadi, itulah yang dimaksud dengan ilustrasi. Anda bisa menggunakan ilustrasi untuk kepentingan apapun, namun tetap sesuaikan dengan kebutuhan dan juga maksud dari ilustrasi tersebut agar pesan tersampaikan.