Thu. Oct 29th, 2020

Pengertian dan Jenis-Jenis Desain Grafis

­Desain grafis merupakan salah satu bentuk media komunikasi dalam bentuk gambar yang digunakan sebagai penyampaian informasi atau pesan dengan cara yang cukup efektif. Desain Grafis sendiri berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian desain grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar.

Dalam dunia desain grafis, semua hal di lakukan dengan sangat teliti dengan memperhatikan segala elmen yang ada, baik itu text, shape, table dan lain-lain. Desain grafis pada awalnya diterapkan pada media-media yang bersifat statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Namun seiring perkembangan jaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.

Dalam membuat desain grafis, seseorang harus mempunyai sebuah ketrampilan visual dan juga kemampuan kognitif, diantaranya adalah fotografi, topografi, ilustrasi, pengolahan gambar dan juga tata letak gambar. Hal ini tentunya wajib karena selain menarik, desain grafis juga harus informative mengandung informasi yang diperlukan

Unsur dalam desain grafis pada umumnya sama dengan unsure-unsure dasar desail lainnya. Unsure-unsur tersebut adalah shape,bentuk, tekstur, garis, ruang, warna, serta membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut seperti keseimbangan, ritme, tekanan, proporsi, dan kesatuan, kemudian membentuk sebuah aspek structural komposisi yang lebih luas.

Desain Grafis juga merupakan cabang ilmu seni, desainnya dibantu oleh computer untuk membuat sebuah desain sehingga menjadi sebuah objek. Berikut adalah beberapa wawasan dasar yang harus dimiliki oleh seorang Desainer :

  1. Wawasan Teknologi
  2. Wawasan Sains
  3. Wawasan Seni
  4. Wawasan Sosial dan Budaya
  5. Wawasan Filsafat dan Etika

 

JENIS-JENIS DESAIN GRAFIS

Desain grafis juga memiliki beberapa jenis yang terbagi berdasarkan jenis kemampuannya. Berikut adalah penjelasannya:

  • Drafter

Dafter adalah desainer yang memang khusus untuk membuat arsitektur dan rancangan bangun yang simetris dan akan digunakan untuk keperluan pembuatan sesuatu yang memerlukan ketelitian tinggi dan rancangan yang presisi.

  • Editor

Editor merupakan desainer yang tugasnya untuk membuat cover, sampul, banner, dan juga membuat karya-karya desain grafis, misalnya brosur, kartu, nama, pin, logo, poster, dan yang lainnya.

  • Layouter

Merupakan desainer yang bertugas untuk membuat tatanan layout sebuah majalah, Koran atau publikasi lainnya yang diharuskan memiliki tampilan layout yang enak dipandang.

  • Art Director

Desainer khusus  yang membuat karya-karya seni dari computer yang bias digunakan untuk visual effect ataupun hiasan saja.

  • Fotografer

Tugasnya selain melakukan pengeditan foto juga merangkap sebagai fotografer, dan diharuskan memiliki telenta khas, serta mampu mengedit foto sesuai event dengan perfect.

  • Animator

Merupakan desainer yang bekerja khusus pada bidang motion graphic, iklan atau film fantasi.

  • Visualisator

Merupakan desainer khusus untuk memberikan gambaran sebuah produk atau karya dalam bentuk real atau 3D.

Adalah desainer khusus untuk mengedit video atau film dan juga merangkap sebagai video shooter,  harus memiliki imajinasi tinggi serta harus menguasai alat-alat yang mendukung pekerjaan.

  • Integrated Desainer

Desainer yang membutuhkan integrasi dengan programmer misalnya seperti dalam pembuatan game, CD interaktif, web desain dan sebagainya.