Wed. Jul 15th, 2020

Elemen Penting Yang Harus Ada di Press Release

Salah satu kunci utama membuat isi press release yang baik adalah menempatkan diri Anda pada posisi jurnalis media. Pasalnya, jurnalis media yang akan menjadi pembaca utama dan menerjemahkan berita Anda kepada masyarakat luas. Maka itu, informasi penting dalam press release hendaknya semua dimasukkan. Menulis dengan bahasa yang sesuai dengan para jurnalis akan memudahkan prosesnya dengan memperkecil resiko kekurangan informasi. Untuk Anda yang belum pernah berinteraksi dengan media, ada beberapa elemen informasi yang dibutuhkan oleh jurnalis media agar mereka dapat mempublikasikan berita dari press release yang anda kirim.

Gunakan Resolusi Gambar yang Tinggi

Gambar merupakan salah satu elemen paling penting yang biasa digunakan para jurnalis untuk memperkaya konten. Oleh karena itu, gambar yang Anda sertakan dalam rilis pers perlu relevan.

Namun, perlu diingat bahwa informasi visual yang lebih lengkap bisa didapatkan dari gambar berikut dengan resolusi yang tinggi. Jadi, tidak heran media-media digital mereka cenderung menginginkan gambar yang memiliki resolusi yang baik namun tidak memiliki memori yang terlalu berat.

Hal ini dikarenakan media digital yang menggunakan gambar dengan memori yang tinggi akan mengganggu kecepatan beban dari situsnya. Hal ini malah dapat menyebabkan penurunan performa dari artikel yang dibuat, karena para pembaca terkadang enggan menunggu lama, atau tidak bisa melihat gambar yang disertakan.

Sertakan Quote yang Menarik

Selain gambar, kutipan juga merupakan elemen informasi penting dalam press release yang penting. Ada beberapa kalimat dari ahli, founder, ataupun partner yang memiliki relevansi tinggi membuat nilai baca sebuah rilis pers jauh lebih tinggi. Idealnya, kutipan yang Anda masukan berasal dari tim eksekutif, pimpinan proyek, maupun orang-orang yang terkena dampak langsung dari isi press release yang anda buat.

Pastikan Anda hanya memasukan kutipan dari 1-2 orang yang memang memiliki pengaruh atau terkena dampak yang signifikan dari isi press release tersebut. Memasukan banyak kutipan tidak disarankan karena membuat press release anda tidak fokus.

Hal ini tentu saja tidak berlaku, apabila Anda memiliki beberapa orang yang memiliki authority tinggi dengan kutipan yang mendukung isi dari press release. Oleh karena itu, pastikan Anda membuat kutipan dari perspektif yang unik dan mendukung pentingnya press release yang Anda buat.

Masukkan Profil Perusahaan yang Lengkap

Nah, ini elemen informasi penting dalam press release yang tidak dapat ditinggalkan. Karena, profil perusahaan mampu menyediakan konteks yang diperlukan jurnalis media mengenai identitas perusahaan dan apa yang telah dilakukan. Nama perusahaan, bidang, servis, dan visi-misi merupakan elemen yang wajib ada. Selain itu, investor dan partner juga penting untuk dimasukkan. Selain itu, kebanyakan dari jurnalis perlu mengeksplorasi lebih dalam isi dari press release Anda dan mengaitkannya dengan sudut pandang yang cocok dengan pembaca mereka.

Berikan Informasi Kontak yang Jelas

Satu hal yang cukup terlihat remeh, namun memiliki dampak yang sangat penting untuk kegiatan relasi publik jangka panjang. Pastikan Anda selalu memasukkan kontak yang bisa dihubungi kapan saja untuk para jurnalis. Jangan berpendapat mengirim lewat Whatsapp atau e-mail saja sudah cukup.

Terkadang jurnalis tidak hanya menunggu berita dari perusahaan, namun mereka mencari materi untuk membuat tulisan yang cukup dalam pembahasannya dan memerlukan referensi dari berbagai perusahaan. Oleh karena itu, kontak untuk dihubungi oleh media sangatlah penting untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan para media.

Kontak yang disediakan sebaiknya kontak perwakilan relasi publik atau relasi media. Bila tidak memungkinkan, posisi pemimpin/petinggi yang relevan dan tahu banyak mengenai pengumuman terkait.