Wed. Sep 30th, 2020

Cara Menghindari Kesalahan melakukan Input Data

https://taiyokohatsuden.net – Kebutuhan dalam menginput data merupakan hal yang sangat dibutuhkan, maka tak jarang dalam menginput data harus dilakukak para profesional yang tentunya sudah terlatih dan sudah terbiasa dalam menangani masalah dalam menginput data. Bagi para pengguna komputer,  komputer merupakan hal yang tidak terlalu istimewa karena telah menjadi barang yang digunakan setiap harinya. Hampir semua computer dalam pengolahan data bisnis adalah computer yang berjenis penyimpanan program dan bersifat serba guna.

Penyimpanan program disini berarti bahwa program yang mengarahkan kegiatan disimpan dalam computer selama berlangsungnya pemrosesan. Computer yang serba guna adalah computer yang sering di gunakan untuk melaksanakan berbagai macam tugas seperti mengolah data bisnis, data ilmiah, pengendalian produksi, maupun pengendalian proses

Dalam mendapatkan suatu informasi yang akurat dan relevan, suatu data yang diinput haruslah benar- benar diperhatikan karena jika terdapat kesalahan sedikit saja dapat berakibat pada gagalnya proses dalam mengambil keputusan bagi para perusahaan. Menurut Raymond McLeod (2001), terdapat 4 langkah dalam mencegah kesalahan input, yaitu:

 

  1. Pencegahan Kesalahan

Pada layar input, biasanya dapat dirancang agar data tertentu tidak dapat diubah dengan sengaja oleh para pemakainya. Dalam kasus ini, pemakai tidak dapat menggerakkan pointer mereka kea rah field yang formatnya telah di proteksi atau dilindingi. Teknik Pencegahan kesalahan lainnya adalah pemakai dapat membatalkan perintah yang telah diberi dengan menekan tombol tertentu, contohnya saja seerti tombol Escape.

 

  1. Pendeteksian Kesalahan

Saat terbik dalam mendeteksi suatu kesalahan adalah pada saat data sedang dimasukkan, yaitu sebelum data itu berkesempatan mempengaruhi system. Dalam mencapai tujuan satu ini, sebagian besar perangkat lunak aplikasi menyertakan edit routine yang digunakan untuk mendeteksi pemasukan jenis data yang salah. Misalnya saja jika anda mencoba untuk memasukkan karakter abjad pada field, nantinya aka nada peringatan bahwa telah terjadi kesalahan dan biasanya akat beserta dengan penjelasan cara memperbaikinya.

 

  1. Perbaikan Kesalahan

Sebagian besar perangkat lunak yang ada saat ini telah menyediakan fitur edit isi record data dengan memungkinkan para pemakainya untuk menggerakkan pointer ke field yang salah dan mengetik kembali semua atau sebagian yang di entry. Kebanyakan perangkat lunak juga memiliki kemampuan Undo untuk mengembalikan system ke kondisi semula sebelum kesalah terjadi atau dibuat.

 

  1. Menempatkan Penanganan Kesalahan dalam Persepektif

Penggunaan dalam teknik ini adalah untuk memaksimalkan peluang data input yang akurat. Namun dalam menggunakan teknik ini anda harus cermat dan harus mengikuti aturan mainnya. Karena daripada berusaha untuk menghilangkan kesalahan dan membayar mahal untuknya lebih baik anda berfokus pada menghilangkan kesalahan yang nantinya tidak dapat diperbaiki.