Thu. Oct 29th, 2020

Cara Membuat Website Dalam Empat Langkah

Membuat website kini lebih mudah dilakukan, bahkan siapapun bisa membuat website dengan tampilan professional untuk berbagai keperluan. Tak perlu harus menguasai Bahasa pemrograman, karena kini ada cara membuat website yang lebih praktis.

Seperti yang sudah sama-sama diketahui, website saat ini berperan penting jika dikaitkan dengan bisnis. Website seperti halnya etalase, yang mana semua produk bisa ditampilkan tanpa harus mengeluarkan banyak modal. Hanya dengan beberapa langkah, website pun sudah jadi dan siap digunakan.

Lalu seperti apa cara membuat website yang ideal? Berikut langkah-langkahnya.

#1. Pilih Nama Domain

Cara membuat website yang pertama yaitu harus mempunyai nama domain. Domain termasuk elemen penting yang harus ada saat pertama kali membuat website dan bisa dibeli dari penyedia domain. Jika dibuat mudah, domain tak ubahnya dengan alamat rumah.

Sebaiknya pilih domain yang menggambarkan bisnis jika website digunakan untuk bisnis. Lain hal jika ingin memanfaatkan website untuk personal, domain yang berisikan nama pribadi pun tak masalah. Semisal ingin memanfaatkan website untuk bisnis, ada baiknya untuk melakukan riset sederhana sebelum memutuskan membeli domain.

#2. Pilih Penyedia Hosting

Cara membuat website selanjutnya yaitu dengan memilih menyewa hosting. Hosting ibarat lahan yang akan digunakan untuk membangun rumah, yang selanjutnya digunakan untuk menyimpan semua harta benda, atau bisa dianggap sebagai konten website.

Ada berbagai penyedia hosting saat ini dengan penawaran masing-masing, dari mulai paket personal hingga bisnis. Jika website digunakan untuk kepentingan personal, hosting paket personal sudah cukup bisa diandalkan seperti artikel ini. Tapi untuk bisnis, sebaiknya pilih hosting dengan kapasitas penyimpanan besar.

#3. Pilih Platform

Semial domain dan hosting sudah ada, cara membuat website selanjutnya yaitu dengan menginstal domain ke hosting. Ini sama saja dengan proses pembangunan rumah. Ada banyak pilihan platform yang tersedia saat ini, seperti WordPress, Jomlaa, Drupal, Magento, dan lainnya.

Dari semua platform yang ada, WordPress merupakan platform paling populer karena mudah digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun. Navigasi yang disediakan WordPress juga sangat mudah, terlebih jika dibandingkan dengan platform lain yang cenderung rumit dan kompleks.

#4. Pilih Tema

Cara membuat website terakhir yaitu dengan memilih tema. Jika memilih menggunakan platform WordPress, memilih tema bisa dilakukan saat instalasi. Walau demikian, tema tersebut bisa diubah sesuai tujuan setelah website setelah proses instalasi selesai atau sudah jadi sepenuhnya.

WordPress menyediakan banyak tema gratisan yang bisa digunakan. Semisal ingin mengganti tema agar lebih bernuansa personal, ketik keyword yang diinginkan pada kolom pencarian tema. Akan muncul beberapa opsi tema sesuai dengan preferensi.

Hanya dengan empat langkah tersebut, website sudah siap digunakan. Selanjutnya tinggal diisi dengan konten yang diinginkan, apakah artikel, video, atau produk. Cara membuat website tersebut sangat sederhana, dan pastinya mudah diikuti. Selamat mencoba!