Tue. Apr 13th, 2021

Cara Membuat Desain Website dengan 3 Langkah Praktis

Cara membuat desain website

Bagaimana cara membuat desain website agar terlihat menarik dan profesional seperti situs-situs besar? Pertanyaan ini sangat banyak kita temui, terutama di kalangan pemula yang belum berpengalaman dalam bidang desain website. Banyak yang ingin membuat website sebagai usaha sampingan atau menunjang aktivitas bisnis utama. Berbagai unsur perlu Anda perhatikan dalam membuat website, tentunya dengan keahlian teknis yang harus dikuasai.

Setidaknya, ada beberapa hal dasar yang harus Anda pelajari terlebih dahulu. Masalah keahlian teknis, Anda bisa mengasahnya sembari mempraktikkan materi yang sudah Anda pelajari. Ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan desain website profesional tanpa harus mengeluarkan banyak waktu dan biaya.

 

Cara Membuat Desain Website dengan Cepat dan Mudah

  • Pelajari Dasar-dasar Desain Website

Apa pun metode yang Anda gunakan, bahasa pemrograman apa pun yang Anda pilih, mempelajari dasar-dasar desain website adalah hal yang wajib. Tidak ada cara membuat desain website yang bisa membuahkan hasil tanpa pemahaman yang cukup mengenai konsep desain website beserta penerapannya.

Setidaknya, Anda perlu mengetahui apa itu User Interface (UI) dan User Experience (UX). Mendesain website tidak hanya bertujuan untuk membuat tampilan situs yang menarik, penggunaannya pun harus dimaksimalkan agar efektif untuk menghasilkan pengalaman pengguna yang memuaskan. Jadi, mulailah dengan mempelajari konsep-konsep dasar sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya.

 

  • Manfaatkan Template Desain

Banyak orang mengalami kesulitan saat mendesain website dari nol. Kendala utama biasanya terletak pada kurangnya inspirasi, keahlian, dan pengalaman. Untuk mengatasi kendala ini, Anda bisa menggunakan cara membuat desain website dengan mengandalkan template yang bisa diunduh secara gratis di berbagai situs. Kalau Anda mempunyai cukup modal, template berbayar pun patut Anda coba untuk menghasilkan tampilan yang lebih berkualitas.

Dengan menggunakan template, Anda hanya perlu memodifikasi bagian-bagian yang Anda rasa perlu diubah. Dengan kata lain, Anda sudah mendapatkan desain website setengah jadi. Tinggal menyesuaikan dengan gaya dan kebutuhan Anda, website pun siap diluncurkan tanpa perlu mengeluarkan banyak waktu dan upaya.

 

  • Gunakan Website Builder

Ingin cara membuat desain website yang lebih instan? Coba saja menggunakan website builder. Tidak seperti desain manual yang mengharuskan Anda menulis kode program secara manual, website builder menyediakan fitur yang jauh lebih praktis untuk pemula. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih widget, drag and drop, mengatur ukuran dan warna, dan hal-hal teknis dasar yang biasa Anda lakukan di software desain grafis.

Setelah Anda selesai mendesain, website builder akan secara otomatis menghasilkan file yang berisi kode program. Tinggal menerapkan kode program ini ke situs Anda, tampilan website pun langsung berubah sesuai dengan desain yang sudah Anda buat di website builder.

 

Gabungkan 2 Cara Membuat Desain Website untuk Hasil Maksimal

Setiap metode yang kami sampaikan di atas mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kalau Anda ingin hasil maksimal dalam waktu singkat, gabungkan saja kedua metode tersebut. Pertama, unduh template website dari situs-situs penyedia contoh desain. Kemudian, masukkan kode program dari template tersebut ke website builder. Lakukan modifikasi seperlunya, kemudian terapkan ke situs Anda. Ini adalah cara membuat desain website yang jauh lebih mudah, cepat, sekaligus efektif untuk pemula.