Sat. May 30th, 2020

Bisakah Ilustrasi Manual Diubah ke Bentuk Digital?

hasil ilustrasi digital

Tidak sedikit orang yang membuat ilustrasi dengan menggunakan cara manual. Misalnya menggunakan cat air ataupun cat minyak. Namun, untuk kepentingan tertentu, misalnya sebagai cover buku, Anda harus merubah gambar tersebut ke bentuk digital. Namun bisakah hal tersebut dilakukan?

Jawabannya bisa. Anda bisa merubah gambar yang Anda buat secara manual ke digital. Caranya adalah seperti ini:

  • Buat Sketsa Secara Manual

Sebelum merubahnya menjadi gambar digital, tentunya Anda harus memiliki gambar manual terlebih dahulu. Ukuran dari kertas tidak terlalu penting yang penting adalah garis sketsa yang terlihat jelas. Bahkan, Anda bisa menggambar di whiteboard untuk sketsanya.

sketsa
sketsa
  • Foto atau Scanning

Pastikan saat scanning ataupun saat memotret sketsa tersebut, gambar dalam kondisi lurus. Dengan begitu, gambar digital yang Anda buat juga akan lurus dan tidak memiliki bentuk yang aneh. Pastikan juga gambar tidak ngeblur ataupun terlalu terang dan terlalu gelap. dengan begitu, proses tracing akan bisa dilakukan dengan lebih mudah.

  • Tracing

Tracing adalah proses menggambar kembali. Artinya Anda menebalkan sketsa atau gambar yang sudah Anda buat secara manual ke digital. Proses tracing ini hanya bisa digunakan di software grafis. Misalnya di CorelDraw, Adobe Photoshop ataupun Adobe Illustrator atau software gratis yang Anda miliki. Kemudian, lakukan tracing mengikuti sketsa gambar tersebut.

Proses tracing ini akan memakan waktu dan bagi Anda yang kurang terbiasa menggunakan mouse ataupun drawing pen, proses ini akan melelahkan. Namun, cara ini harus dilakukan agar Anda bisa mendapatkan gambar secara digital.

  • Coloring

Jika Anda sudah selesai melakukan tracing, maka langkah selanjutnya adalah memberi warna. Warna yang digunakan tidak harus warna-warna cerah namun sesuai dengan style Anda. Misalnya Anda ingin menggunakan warna monokrom untuk ilustrasi Anda. Anda bisa menggunakan warna tersebut sesuai dengan style. Namun, pastikan pewarnaan tersebut tepat agar gambar yang Anda buat juga semakin keren.

Jika dibandingkan dengan cara manual, tentu akan lebih mudah menggunakan cara yang manual. Namun, Anda tetap bisa belajar sedikit demi sedikit dan tidak perlu terlalu fokus pada detail. Hal terpenting adalah pewarnaan dilakukan di area atau bagian yang tepat.

Untuk pewarnaan secara digital, akan lebih mudah untuk melakukan pewarnaan dengan di beberapa layer. Misalnya layer untuk shadow, layer untuk highlight. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk melakukan editing.

  • Finishing

Jika sudah selesai, Anda hanya perlu untuk menambahkan pelengkap. Misanya highlight untuk memberikan efek lebih cerah saat terkena sinar ataupun shadow. Setelah itu, Anda hanya tinggal untuk mengeksport.

Itulah cara untuk merubah ilustrasi menjadi gambar digital. Namun, jika Anda sudah memberikan pewarnaan secara lengkap secara manual, pastikan Anda memiliki scanning yang jernih. Kemudian rapikan dengan cara digital. Dengan begitu, hasil digital dari gambar yang Anda buat tersebut akan terlihat seperti gambar digital.