Thu. Mar 4th, 2021

4 Desain Logo Makanan Terpopuler di Indonesia

Desain logo makanan dibuat dengan tujuan tertentu. Mulai dari menggambarkan citra perusahaan, kesan apa yang ingin dibangun hingga menunjukkan mascot atau pemilik usaha bisnis makanan.

Di Indonesia sendiri, ada banyak desain logo makanan yang unik dan bahkan sudah melekat dengan brand tersebut. Beberapa diantaranya, yaitu:

(baca juga: desain rumah walet)

  • Hoka-Hoka Bento

Hoka-Hoka Bento atau Hokben menjadi salah satu kuliner Indonesia paling laris dengan logo paling unik. Brand milik PT Eka Bogainti ini sudah ada sejak 1985 dan didirikan oleh Hendra Arifin.

4 Desain Logo Makanan Terpopuler di Indonesia
4 Desain Logo Makanan Terpopuler di Indonesia

Brand yang mengusung makanan khas Jepang dengan harga yang terjangkau ini, hanya pernah merubah logo sekali saja. Baik logo pertama ataupun keduanya, Hokben menggunakan jenis logo  dengan maskot. Maskot kembar tersebut adalah bernama Taro (anak laki-laki) dan Hanako (anak perempuan).

Di tahun 1985-2013, Hokben menggunakan full body maskot Taro dan Hanako dengan tulisan Hoka Hoka Bento di bagian bawah. Sejak tahun 2013 hingga sekarang, logo yang digunakan lebih sederhana. Logonya hanya berbentuk lingkaran kuning yang mengelilingi kepala Taro dan Hanako dan bagian bawah terdapat tulisan HokBen.

  • SilverQueen

Siapa yang tidak tahu coklat Silverqueen? Tahukan Anda jika merk coklat tersebut adalah merk dari Indonesia yang mendunia?

Coklat dengan kacang mede ini merupakan produksi dari PT Petra Food di tahun 1950an. Jika dilihat, brand coklat ini menggunakan jenis logo wordmark.

4 Desain Logo Makanan Terpopuler di Indonesia
4 Desain Logo Makanan Terpopuler di Indonesia

Jenis logo wordmark adalah logo yang berfokus pada nama brand atau perusahaannya. Umumnya, logo ini hanya berupa tulisan saja seperti logo Silverqueen ini.

Keunggulannya, jenis logo wordmark yang fokus pada letak nama bisnis ini membuat orang akan langsung berfokus pada brand. Apalagi dengan warna merah sebagai warna dominannya, membuat orang akan langsung melihat nama brandnya.

  • Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum menggunakan foto dari pemiliknya, yaitu Djuwariyah Darmo Suwarno atau Yu Djum sebagai karakter utama pada logo. Dengan adanya logo ini, Anda akan langsung mengenali merk makanan tersebut.

4 Desain Logo Makanan Terpopuler di Indonesia

Ada beberapa versi untuk logo dari makanan khas Jogja ini. Namun, logo tersebut tetap menampilkan pemiliknya dan tulisan Gudeg Yu Djum sebagai penegas.

  • Khong Guan

Khong Guan menjadi salah satu brand makanan ringan dengan logo paling dikenal di Indonesia. Brand dengan produk biskuit ini memiliki logo tulisan KHONG GUAN dan setir nahkoda yang bisa langsung dikenali.

4 Desain Logo Makanan Terpopuler di Indonesia
4 Desain Logo Makanan Terpopuler di Indonesia

Uniknya, di bagian kemasan, brand ini menggunakan gambar sosok ibu dan 2 anaknya. Terlihat, keluarga tersebut sedang menikmati teh dan biskuit.

Tidak adanya sosok ayah di logo sempat menjadi pertanyaan. Namun, Bernardus Prasodjo, selaku pelukis logonya, menuturkan, jika cara tersebut mempengaruhi IRT untuk membeli. Jadi yang terpenting ada sosok ibu yang ditampilkan di logo tersebut.

Itulah beberapa desain logo makanan yang terkenal di Indonesia. Masing-masing brand memiliki konsepnya sendiri yang disesuaikan dengan perusahaan.